PENAMPAKAN PADA DRUPAL 8

Walaupun pada drupal 8 (D8) sebenarnya terjadi perombakan total (overhaul) atas arsitektur-nya, namun secara umum penampakan (interface) D8 hampir sama dengan D7. Berikut ini beberapa hal yang berubah.

Struktur File

Bila pada D7 folder untuk module, themes dan libraries terletak pada /sites/all/modules/, maka pada D8 folder tersebut terletak pada "root" web site yang langsung terlihat "/modules/", dan file core modules & themes terkumpul pada folder /core/*.

Berkaitan dengan struktur file, bila pada D7 config web dimasukkan dan ditulis pada database, maka pada D8 config tersebut ditulis pada file drupal yang terletak pada /sites/default/files/config_*/active. Ini cukup berpengaruh untuk mengurangi request database, yang pada drupal dikenal sangat ugly. Dan untuk file yang lain tentu juga terjadi banyak perubahan, karena pondasi D8 telah dirombak total, misalnya untuk membikin sub-theme penulisan-nya berubah dst. Secara umum struktur file D8 itu lebih mudah dan sederhana.

Modul

Bila pada pada D7 ketika instalasi standar tercatat ada 24 modul yang otomatis terinstall, maka pada D8 ada 37 modul. Artinya terdapat beberapa modul yang dimasukkan dalam 'core', dan dengan instalasi dasar saja sebenarnya sudah cukup ampuh untuk membangun website. Pertama adalah modul Ckeditor sudah otomatis terinstall dan siap pakai. Kemudian selanjutnya adalah modul View, pada frontpage dll sudah otomatis tampil dengan menggunakan View.

Juga ada modul core yang tidak otomatis terinstall, seperti Web Service, untuk penggunaan sederhana disarankan hanya perlu mengaktifkan modul RESTful Web Service dan Serialization. Ini berguna untuk mengurangi bandwidth ketika web drupal diakses, dan penggunaan tingkat lanjut berkaitan dengan aplikasi lain, misalnya supaya bisa dibuka smartphone tanpa melalui browser seperti opera. dllll! ----Why REST? Use standard HTTP (simple client and simple API); Multiple data formats (JSON, XML, etc...); Performance and scalability (Cacheable)

Sedangkan untuk modul HTTP Basic Authentication itu berkaitan dengan pengamanan dan permission untuk user. Jadi ini lebih tepat untuk web canggih macam Ecommerce. Supaya lebih aman juga disarankan memakai SSL (https//)

Juga ada Responsive Image, yang sangat berguna untuk mengurangi beban memory, cpu dan bandwidth. Di situ image style terpecah menjadi : besar, sedang dan kecil. Jadi ketika web dibuka dg smartphone, maka file yang dipanggil adalah gambar kecil. Sesungguhnya semua modul core tersebut semuanya sudah ada pada D7, namun ketika itu dimasukkan dalam dalam core D8 maka lebih mantap-lah.

Soal instalasi modul, pada D8 hanya tersedia pilihan install dan uninstall. Sedangkan pilihan 'disable' seperti dalam D7 ternyata tidak ada. Itu artinya ketika uninstall maka seluruh konfigurasi terkait secara otomatis terhapus.

Perlu diperhatikan juga bahwa kita perlu berhemat soal modul, sebaiknya kita hanya memasang modul yang benar-benar kita perlukan saja. Bahkan untuk core modul yang otomatis terinstall bila dirasa diperlukan maka sebaiknya di-uninstall saja, seperti misalnya modul help, history, tour, dan termasuk ketika tidak memerlukan modul comment.

User Interface

Bila kita tengok sejarah, maka masalah user interface ini adalah perhatian utama ketika terjadi lompatan dari D6 ke D7, misalnya update module tinggal klik. Walau bukan perhatian utama, pada D8 ini tetap terjadi peningkatan. Misalnya pada /admin/structure/types/manage/article/fields/ maka di situ ada menu "Manage form display" yang tidak ada pada D7.

Untuk image juga otomatis bisa multipel upload, jadi kita bisa upload banyak gambar dengan sekali klik. Juga ketika kita edit kontent dan ada file gambar yang di-remove maka otomatis file tersebut terhapus dari server. Mungkin ini salah satu penampakan kecil akibat pendekatan baru yang dipakai, yaitu Object Oriented Programming (OOP).

Yang lain adalah pada D8 setting cache tidak hanya secara global pada /admin/config/development/performance/ namun bisa juga kita set pada tiap block dll. Jadi tiap block tersebut bisa kita set berapa menit cache-nya. Ini sangat penting untuk web yang kompleks dengan trafik tinggi.

Penutup
Bahwa penampakan D8 itu tidak banyak berubah, tapi soal daleman, terjadi perubahan besar.

Tags: 
">