Jejaring Sosial untuk Alumni Perguruan Tinggi Indonesia

Setelah lulus kuliah, sebagian besar lulusan akan bekerja. Tapi kebanyakan yang tidak langsung bekerja. Butuh waktu 2 sampai 4 bulan untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai. Mungkin perusahaan tempat para lulusan bekerja tidak berada di satu kota, lulusan dapat menyebar keberbagai kota di seluruh Indonesia bahkan bisa sampai ke luar negeri. Tergantung dari dimana para lulusan mendapatkan pekerjaannya.
Sebagian kecil akan melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Mereka mungkin melanjutkan di perguruan tinggi lain di seluruh Indonesia. Atau bahkan melanjutkan ke perguruan tinggi di luar negeri karena mereka mendapatkan beasiswa.

Beberapa mungkin akan berwiraswasta. Mungkin karena melanjutkan bisnis orang tua, atau mungkin karena ingin mandiri dengan menciptakan pekerjaan. Memang lulusan yang memilih jalur berwiraswasta tidak banyak.

Banyak perguruan tinggi yang tidak memperhatikan lulusannya. Mereka hanya mendata lulusan ketika lulusan tersebut akan wisuda. Tetepi setelah 2 tahun kemudian perguruan tinggi tersebut tidak mempunyai data akurat tentang lulusan mereka. Dalam hal ini perguruan tinggi tidak dapat disalahkan karena memang sulit untuk mengelola data lulusan yang sangat banyak. Apalagi banyak lulusan yang mengganti data alamat atau nomor telpon yang bisa dihubungi tanpa pemberitahuan ke pihak perguruan tinggi.

PERMASALAHAN

  • Putus kontak
  • Banyaknya alumni
  • Ganti alamat atau nomor telpon
  • Kesulitan mendata
  • Syarat akreditasi

TUJUAN DAN MANFAAT

  1. Menjadi sarana hubungan antara Perguruan Tinggi dengan alumninya
  2. Menjadi sarana hubungan atar alumni
  3. Membantu Perguruan Tinggi mendata alumninya
  4. Membantu kelengkapan syarat akreditasi
Kategori: 
Kenapa memilih Drupal: 
Drupal dipilih karena memeliki komunitas yang besar sehingga diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berarti untuk almamater mereka. Selain itu juga drupal dipilih karena kemudahannya untuk pengembangan ke arah selanjutnya
Kunci modul / theme / distribusi yang digunakan: 
Bahasa Indonesia

Komentar

Avatar Kanser Tjr

mungkin bisa dengan menginstall disto drupal commons berikut https://drupal.org/project/commons

Avatar Ananto

nanti tujuannya kan lebih ke profile alumni2, jd mustinya lebih kayak linkedin kali ya ?

musti ada field2 yg lebih fleksibel di profile, misalnya riwayat pekerjaan / pendidikan.. kan bisa lebih dari 1... dan nanti ada semacam petunjuk, kalo profilenya kurang sekian % lg lengkapnya..

mungkin disediakan jg fasilitas pencarian, siapa tau mau menawarkan peluang usaha / kerjaan kepada sesama alumni..

trus jg pastinya tidak terbuka untuk umum donk, yg daftar kan harus musti alumni.. nah verifikasinya ini yg agak rumit... kalo mau manual di approve sama admin ya brarti musti cek satu2.. atau verifikasi berdasar NIM dan Nama alumni / tempat tgl lahir, tp jadinya tiap tahun admin musti input database ini..

Avatar exabytes-id

sangat setuju dengan ide anda, portal itu dapat menjaga silaturahmi dan membangun jaringan untuk kedepanya.

Avatar Pujianto

Ada yang lebih "bermanfaat" lagi, selain "ajang kumpul". Saya dengar kementerian pendidikan nasional punya salah satu alat ukur untuk menentukan akreditasi perguruan tinggi. Alat ukurnya berupa survey keadaan alumni setelah lulus. Intinya mengukur ketepatan materi akademik yang bisa dimanfaatkan atau diserap oleh industri yang sama kompetensinya (mis : Teknik mesin ke industri otomotif). Katanya istilahnya "Tracer Study".

Semakin banyak melenceng semakin menjadi sorotan dari kementerian. Yang "ngawur" itu mahasiswanya? Kurikulumnya? Silabusnya? Dosennya?... Yang sempat lihat sekelebat di drupal.org adalah penggunaan modul form untuk membuat pertayaan survey... belum dilihat lagi lebih mendalam..

Ini sekedar "celotehan" yang perlu di telusuri ketepatannya... semoga ada yang bersedia memberi pencerahan tambahan.... Trims...

">